Cara Membedakan Teman yang Baik dan Buruk Dilihat dari Sifatnya

Cara Membedakan Teman yang Baik dan Buruk Dilihat dari Sifatnya

Cara membedakan teman yang baik dan buruk – Sebagai makhluk sosial, setiap manusia pasti memiliki teman. Pengertian teman sudah berkembang dari sekedar seseorang yang bersama-sama melakukan sesuatu menjadi seseorang yang benar-benar mengerti keadaan yang ditemani. Atau bahkan teman bisa menjadi sosok yang sangat dipercaya. Sebagian orang bahkan lebih merasa nyaman dan terbuka saat bercerita kepada temannya timbang harus jujur kepada orang tuanya sendiri. Hal ini membuat makna seorang teman sangat berharga dibandingkan orang-orang biasa.

Namun tak jarang juga hubungan pertemanan harus hancur dikarenakan berbagai macam masalah. Terkadang penyebabnya justru masalah yang sepele. Masalah ini seharusnya bisa dihindari jika anda mengerti bagaimana dia memilih teman yang benar-benar baik, atau teman yang buruk namun berpura-pura baik. Jika sudah menyadari hal ini dari awal, maka kepercayaan anda tidak akan tersia-siakan lagi. Lalu bagaimanakah cara membedakan teman yang baik dan buruk?

Ikut Senang Saat Anda Sukses

Teman yang baik akan berada pada barisan terdepan saat mengucapkan rasa senangnya atas kesuksesan anda. Mereka akan mengatakan betapa luar biasanya diri anda dan betapa menginspirasinya anda bagi mereka. Mereka berpedoman jika kesuksesan anda adalah kesuksesan mereka juga sebagai teman. Berbeda dengan teman yang buruk, mereka akan merasa hubungan pertemanan tersebut adalah ajang mengunggulkan diri. Saling berlomba untuk menjadi yang terbaik. Maka saat anda mendapatkan kesuksesan, teman buruk akan merasa iri dan kalah. Mungkin mereka juga akan menjauh secara perlahan karena sifat iri mereka.

Selalu Terbuka dan Jujur

Teman yang baik akan selalu mengatakan kejujuran meskipun itu pahit. Hal ini dikarenakan teman yang baik tidak ingin ada rahasia yang menyakitkan di dalam sebuah hubungan pertemanan. Mereka akan memberikan pengertian saat anda merasa kejujuran tersebut menyakitkan. Itu semua dikarenakan mereka takut kehilangan anda sebagai teman mereka. Sedangkan teman yang buruk akan berkata sebaliknya. Jangan kira jika mereka selalu mendukung dan mengiakan keinginan anda itu berarti mereka baik. Belum tentu. Bisa saja mereka hanya menunggu kejatuhan anda. Dan di saat seperti itu, mereka akan pergi menjauh tanpa pernah memperdulikan anda lagi.

Selalu Pengertian

Cara membedakan teman yang baik dan buruk selanjutnya adalah pengertian. Teman baik akan senantiasa mencoba mengerti dengan keputusan yang anda ambil sebelum bertindak. Teman baik akan mendengarkan penjelasan anda saat mereka merasa dikecewakan. Sifat ini berbanding terbalik dengan teman buruk. Mereka akan selalu menyalahkan anda dan mengumbar amarah saat kecewa. Mereka tidak mau tahu apa yang terjadi dengan anda dan merasa dirinyalah yang paling benar.

Dekat Bukan Hanya Saat Merasa Butuh

Teman baik akan selalu ada di kehidupan anda. Mereka mungkin akan mengirimkan pesan basa-basi untuk sekedar tahu keadaan anda. Memang terkadang terasa menyebalkan dan terasa absurd. Tapi percayalah mereka adalah teman-teman yang tulus kepada anda. Berbeda dengan teman yang buruk. Mereka hanya mencari anda di saat genting dan terpepet. Saat mencapai kesuksesan, mereka akan melupakan anda. Itulah yang terjadi.

Bisa Menjaga Rahasia

Teman yang baik akan selalu menutup rapat rahasia anda. Mereka mengerti jika rahasia tersebut tersebar akan menghancurkan anda di mata orang-orang sekitar anda. Berbanding terbalik dengan teman buruk. Mereka bahkan sengaja mengumbar rahasia anda di belakang untuk mempermalukan anda.

Itulah beberapa cara membedakan teman yang baik dan buruk. Anda bisa menggunakannya untuk memutuskan teman anda sekarang termasuk teman yang baik atau buruk sebelum anda di kecewakan nantinya.