Penyebab dan cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil

Penyebab dan cara mengatasi nyeri pinggang saat hamil

Rasa pegal dan nyeri di bagian pinggang banyak dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Hal itu sering dikeluhkan oleh para ibu hamil karena membuat badan terasa tidak nyaman. Apalagi saat usia kehamilan makin membesar, rasa pegal dan nyeri di bagian pinggang pun makin sering terasa.

Sebenarnya itu merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita yang sedang hamil dan Anda tidak perlu merasa khawatir mengenai hal itu. Rasa pegal dan nyeri di pinggang pada wanita hamil merupakan akibat dari perubahan fisik yang dialami karena proses kehamilan itu sendiri. Ketika hamil dan kondisi perut makin membesar poros berat tubuh berubah menjadi semakin ke depan.

Hal itu menyebabkan tulang belakang juga ikut tertarik ke depan, dan otot-otot di sekitar tulang belakang bekerja menjadi lebih keras untuk menahan tarikan ke depan sehingga mengalami kelelahan otot. Itulah yang membuat pinggang terasa nyeri ketika hamil. Berbeda dengan kondisi ketika tidak sedang hamil, poros berat tubuh tepat berada di tengah dan ditopang oleh tulang belakang. Sehingga otot-otot di sekitar tulang belakang tidak bekerja terlalu berat.

Rasa pegal dan nyeri di pinggang saat hamilĀ  memang tidak bisa diobati karena hal itu merupakan proses alami dan akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun hal itu dapat diatasi untuk mengurangi rasa sakit yang dialami. Caranya adalah dengan istirahat yang cukup. Jangan berdiri dalam waktu yang lama karena tubuh wanita hamil memang tidak dirancang untuk melakukan hal itu.

Ketika nyeri di pinggang terasa sebaiknya ibu hamil mengambil posisi duduk dan jangan melakukan aktifitas-aktifitas fisik yang berat. Orang yang sedang hamil lebih mudah lelah dibanding orang yang tidak sedang hamil. Untuk itu, mengurangi aktifitas dan memperbanyak istirahat saat sedang hamil penting sekali dilakukan.

mengambil posisi duduk dan jangan melakukan aktifitas-aktifitas fisik yang berat.

Jika dengan posisi duduk rasa pegal dan nyeri di pinggang tidak juga membaik, maka posisi istirahat yang paling baik untuk wanita hamil  adalah tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri. Dengan memperbanyak istirahat saat sedang hamil tentunya akan dapat mengoptimalkan kehamilan dan perkembangan janin dalam kandungan.