Mengenal Apa Bedanya Istilah Buku Original, Buku Bajakan, dan Buku Second

Di negara Indonesia, peredaran buku bajakan memang menjadi problem tersendiri yang sampai sekarang penanganannya belum bisa maksimal. Para pembajak bebas memproduksi banyak buku tiruan yang mana tidak hanya merugikan penulis dan penerbit, namun juga merugikan pembeli. Nah, agar Anda tidak terjebak dalam tipuan oknum-oknum tidak bertanggung jawab ini, yuk kenali istilah dalam cetakan buku di ulasan berikut ini.

Macam-Macam Istilah Cetakan Buku

Untuk membantu penulis dan penerbit memerangi buku bajakan, serta agar kita tidak lagi tertipu membeli buku tidak berkualitas ini, maka kita harus tahu sebutan apa saja yang biasanya digunakan di dalam percetakan. Jangan-jangan selama ini kita tidak tahu bahwa sudah membeli bajakan dengan sadar. Apalagi jika Anda suka berbelanja buku online. Biasanya, para penjual akan mencantumkan kualitas buku yang mereka jual di deskripsi.

Beberapa kualitas tersebut adalah original, repro, dan second. Masing-masing buku tersebut tentunya berbeda maksud. Anda harus tahu ini. Bayangkan jika Anda tetap membeli padahal bunyi deskripsinya adalah buku repro karena unsur ketidaktahuan? Tentu, hal ini bisa mendatangkan masalah. Nah, kira-kira apa saja ya istilah yang setidaknya harus kita pahami, apalagi jika Anda mengaku sebagai pecinta buku?

  1. Buku Original

Buku jenis ini adalah buku yang sebenarnya Anda cari. Buku original biasanya memiliki kualitas yang tidak bisa disaingi bajakan kw super sekali pun. Diterbitkan oleh masing-masing penerbit, buku ini biasanya akan membawa ciri khas masing-masing sesuai dengan karakteristik penulis dan perusahaan tempat ia dinaungi.

  1. Buku Repro (Bajakan)

Kedua, buku jenis ini adalah buku yang harus Anda hindari dan waspadai. Biasanya, para penjual tidak akan menuliskan kalimat “bajakan” pada deskripsi produk jualan mereka, melainkan dengan kalimat “repro”. Apakah itu artinya mereka memiliki kualitas buruk yang sama? Jawabannya adalah iya. Pasalnya, repro adalah buku yang dibuat dengan cara diketik ulang. Intinya tentu adalah pembajakan.

  1. Buku Second

Terakhir, buku ini adalah buku original yang kembali dijual. Buku second artinya sama saja dengan buku bekas. Dengan kualitas yang sama karena memang buku asli, buku jenis ini bisa Anda dapatkan lebih murah dari harga segelnya di berbagai tempat jualan buku bekas

Demikian ulasan mengenai macam-macam istilah cetakan buku. Apabila Anda berbelanja di ecommerce, jangan sampai gagal mengenali deskripsi buku ya. Selain itu, jangan pernah membeli buku dengan kualitas bajakan atau repro. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.